Wednesday, October 29, 2014

THIS IS JAKARTA (1)



Jakarta Gue nih, Bro!

Siapa suruh datang Jakarta...

Siapa suruh datang Jakarta...

Yoiks, sepenggal lirik yang secara (terang-terangan) nyindirin kaum urban yang semakin detik, semakin menit, semakin jam, semakin hari makin banyak aja yang pengen ke Jakarta. (Iya sih termasuk ogut yang tinggal di Jakarta pinggiran). Yaudah sih! Yok, kembali ke Jakarta. Kota metropolitan yang satu ini emang (kampret) banyak orang, kucing, anjing, dedemit, setan-setang yang tertarik untuk datang ke kota TERCINTAH ini. Yah kalo kita mah lihat berita sehari-hari di tipi kek, radio kek (emang radio dilihatin? PEA. DENGERIN IYA DENGERIN, BANG), baca di google kek, Jakarta gak pernah keabisan berita, Bor. (Sok gaul, lo Bor...Ok). dari masalah kemanusiaan, kejahatan, sampe hati nurani rakyat “Jayalah negeriku, Bangkitlah bangsaku...” KAMPRET KENAPA OGUT NYANYIIN WIN-HT sekalian aja bilang “Terima kasih Pak Win-HT”. Udahlah nanti ogut dikira relawan, ihh Ogah dut. Jakarta yang penuh kemacetan (macet di jalan raya, macet persoalan cinta, sampe macet masalah boker doang, Gans), banjir kalo udah hujan. Lagi-lagi Bogor yang disalahin, “Maaf ya, Gor” ayo coba apalagi berita yang bisa disampaikan mengenai Jakarta?

Ogut mau cerita nih. Sudah 6 tahun ini, ogut sudah tinggal di Jakarta. (Duileeh, makan-makan kita. Eh kampret emangnya ogut kembangan, apa?). Berawal  ogut diterima di salah satu Perguruan negeri di Jakarta. FYI, Perguruan Negeri di Jakarta cuma ada satu. Yups! Tepatnya di Rawa...coba tebak Rawa apa? Rawa Lele? Rawa Bebek? Rawa Bokor? Rawa Belong? Rawamangun? Atau Rawa Rawa? Ehbusyet ogut apal lo nama nama Rawa di Jakarta. Gak penting! RAWAMANGUN. Tepatnya daerah Jakarta Timur. Udahlah segitu aja kali ya singkat cerita ogut. Nanti ada episode lainnya. Ditunggu yaaa...

Kembali ke Jakarta-
Selama ogut tinggal di Jakarta, edan emang ini kota semacam punya candu, magnet, racun, atau apalah kali namanya yang bikin ketagihan. Walau banyak yang sering bilang Jakarta itu kejam, tapi gak sedikit loh yang merindukan Jakarta. Gans, coba lihat kesemrawutan Jakarta (khususnya daerah pinggirannya ya) pinggiran Gedung-Gedung Bertingkat. Di Jakarta, jalan setapak aja bisa jadi jalan umum. Gak kebayangkan, kalo di kampung kita jalan selebar-lebar jalan yang lewat kebo, orang-orang yang mau ke sawah, atau adalah sedikit satu dua mah kendaraan yang melintas. TAPI, kalo di Jakarta, jalan tikus jadi jalan umum. Bawa pelan, gak nyampe nyampe tujuan. Bawa cepet, bisa dikeroyok warga lo, Bor. Asli. Belum lagi, kalo di Jakarta jarak antar rumah dempet-dempetan (baca: deket bingits). Jadi ya gitu, kalo kamuh lewat pun banyak misinya. Iya emang sih orang kalo lewat, harus permisi biar gak dikata katro, norak, atau dusun. Tapi yang masih jadi pertanyaan ogut, MASIH BETAH JUGA YA TINGGAL DI JAKARTA? Yups! Bener banget, sebenernya Jakarta itu kalo menurut ogut sih gak cocok buat dijadiin tempat tinggal bisa dibilang lebih tepatnya buat lahan bisnis. Daerah Jakarta yang secara geografis itu terletak di dataran rendah yang diapit daerah BOTABEK (yang secara keseluruhan masih tinggian daerahnya dibanding Jakarta). Jadi wajar, kalo setiap musim hujan tiba, banjir bukan lagi jadi kewaspadaan tapi udah jadi langganan. Daerah yang rendah plus daerah resapan air yang (masih) belum bagus bikin Jakarta jadi Ibukota di dunia yang sering ngalamin banjir.  Memang, ada namanya Kanal Banjir Barat dan Kanal Banjir Timur tapi sampe sekarang belum cukup membendung derasnya banjir Jakarta. Tapi, ogut salut sekarang sekarang ini Pemprov DKI lagi gencar-gencarnya bikin program penanggulangan banjir di Jakarta mulai dibersihin tuh BKB dan BKT, bikin sodetan kali, sampe (katanya) mau bikin terowongan bawah tanah yang besar langsung menuju laut. Semoga saja Pak, terkabulin programnya biar masyarakat bisa adem bener.

No comments:

Post a Comment